Selesaikan Skripsi dalam Dua Bulan!

Tips untuk reader yang sedang bergalau ria karena skripsi yang tak kunjung selesai…

“Skripsi” satu kata yang cukup menakutkan bagi mahasiswa/i di kampus manapun baik itu universitas negeri ataupun swasta, tanpa pandang bulu jurusan apa. Istilah formalnya yaitu karya tulis ilmiah yang harus diselesaikan sebelum menyandang gelar sarjana.

Melalui artikel kali ini, author akan menceritakan atau istilah kerennya sharing berdasarkan pengalaman pribadi author bagaimana menyelesaikan skripsi dalam waktu satu bulan atau paling lama dua bulan. Ga percaya? silahkan dicoba ya, Insya Allah dijamin lulus dengan hasil memuaskan 🙂

Saat kita memilih jurusan ketika melanjutkan ke jenjang universitas, saat itu sebenarnya adalah titik awal imajinasi kita sudah mulai berkembang secara tidak langsung tentang perkiraan hasil akhir dari pilihan tersebut. Sama halnya dengan saat kita menentukan topik skripsi, tentu kita sudah mulai memperkirakan bagaimana hasil akhirnya walau prediksi yang muncul hanya berkisar 10% saja.

Based on a true story, saya adalah alumni dari universitas dari jurusan akuntansi di kota pelajar “Yogyakarta”. Skripsi yang saya ambil di semester akhir, dimulai dari pemilihan topik hingga disetujui oleh dosen pembimbing memakan waktu 1,5 bulan. Yang awalnya saya perkirakan selesai dalam dua bulan ternyata bisa selesai lebih cepat dari dugaan saya. Penasaran kan  bagaimana caranya? Read carefully!

  1. Dari semester awal, mulailah mengobservasi dan membuat perkiraan mata kuliah apa yang paling kamu sukai. Eksplor mata kuliah yang bisa membuat kamu semangat terus untuk mempelajarinya. Biasanya, mahasiswa/i baru akan terlena dengan aktivitas organisasi di kampus. Boleh ikut organisasi tapi jangan lupa time management dan tujuan utama kamu kuliah di kampus ini ya guys.
  2. Ukur kemampuan kamu dengan membandingkan hasil akhir dari mata kuliah tersebut. Hasil akhir bisa bervariasi, mulai dari kuis,hasil presentasi atau nilai ujian akhir tapi dari situ sebenarnya kita sudah bisa memperkirakan kemampuan kita, ketertarikan kita terhadap mata kuliah tsb. Semakin kamu merasa tidak terbebani, semakin kamu merasa mudah untuk menyelesaikannya, maka secara tidak sadar kamu sudah menemukan jalan awal untuk memilih topik terbaik skripsimu.
  3. Perhatikan mata kuliah metodologi penelitian dengan seksama. Kenapa kamu harus perhatikan?karena mata kuliah ini adalah yang terpenting sebagai gambaran awal yang akan menuntun kamu dalam penyusunan skripsi.
  4. Jangan mencontek/meniru skripsi terdahulu. Topik boleh sama tetapi isi dan penjabaran tidak boleh sama. Mengapa? Jika kamu meniru ide orang lain, maka saat sidang skripsi akan terbukti seberapa mampu kamu mempertahankan hasil karyamu. Jika skripsi ini adalah murni hasil pemikiranmu, kamu tidak akan kehabisan akal dalam menjawab pertanyaan beruntun saat sidang skripsi dan tentunya jawabanmu turut menentukan hasil akhir perjuanganmu selama lebih dari tiga tahun.
  5. Tentukan topik bukan judul. Banyak yang salah kaprah saat menentukan topik. Topik berbeda dengan judul skripsi. Bahkan, saya menentukan judul skripsi saat bagian kesimpulan sudah saya selesaikan. Judul skripsi berkembang berdasarkan topik yang kita pilih.
  6. Pilih topik yang sudah bisa kamu perkirakan hasil akhir dari penelitiannya. Saat memilih topik, buatlah perkiraan apakah kamu mampu menyelesaikan penelitian atas topik tersebut dengan baik. Bagaimana caranya? Perkirakan apakah data yang akan kamu teliti bisa diperoleh dengan mudah, apakah metode penelitian yang akan kamu gunakan sesuai dengan data tersebut. Buat perkiraan tersebut bersamaan dengan pengajuan topik ke dosen pembimbing.
  7. Bab 1 atau latar belakang penelitian adalah bagian terpenting dalam skripsi. Latar belakang penelitian adalah fondasi kuat dalam penyelesaian skripsi. Saat kamu kehilangan arah dalam menyusun skripsi maka kamu bisa melihat kebelakang apa tujuan awalmu memilih topik tersebut.
  8. Pilih topik dan pencarian data penelitian 2 atau 3 bulan sebelum skripsi dimulai. Cara tercepat dalam penyusunan skripsi adalah persiapan kamu sudah matang meliputi cadangan topik skripsi hingga persiapan data penelitian. Siapkan minimal lima topik skripsi beserta data penelitian, why? Supaya waktumu tidak terbuang sia-sia dalam pencarian topik dan skripsimu akan selesai tepat pada waktunya.

Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati prosesnya. Semua hasil kerja kerasmu, semua perjuanganmu di kampus akan terbayar dengan tangisan bahagia di hari kelulusanmu. Selesaikan skripsi tepat waktu ya guys. Selamat mencoba and Good luck!

Tinggalkan Balasan