Kehamilan Pertamaku – Persiapan Calon Ibu Menjelang 7 Bulan

Setelah sekian lama tidak menulis, kali ini saya akan membagikan pengalaman dan list to do sang calon ibu muda untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Ada beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat bagi para ibu yang sedang hamil karena saya juga masih belajar untuk menyambut kelahiran si kecil yang pertama di keluarga kami.

1.Banyak melatih otak dengan mengerjakan soal- matematika atau psikotes

Menurut penelitian beberapa ilmuwan, jika saat hamil para ibu mengerjakan soal berhitung atau psikotes maka bisa mendorong sang bayi lahir dengan otak yang cerdas. Nah berdasarkan pengalaman pribadi saya, kebetulan saat hamil 5 sampai dengan 6 bulan, saya sedang giat-giatnya mengerjakan soal psikotes dan matematika dasar karena akan menghadapi ujian SIMAK UI PascaSarjana. Sekitar 2 bulan hampir tiap hari saya berlatih mengerjakan soal matematika dasar. Ada kejadian lucu saat saya sedang mengerjakan soal ujian. Saat benar-benar serius mengerjakan soal ujian, sang malaikat kecilku alias si dedek bayi bergerak terus sampai saya merubah posisi duduk tiap 5 menit. Para pengawas agak curiga karena saya bergerak terus duduknya. Yah mungkin, si dedek ingin membantu ibunya untuk mengerjakan soal tersebut. Jadi banyaklah  berlatih soal matematika dasar saat hamil ya bun.

2. Perbanyak konsumsi protein saat kehamilan mulai menginjak Trimester kedua

Kenapa saya berkata demikian? Karena makanan yang dikonsimsi ibu saat hamil sangat mempengaruhi perkembangan janiin di dalam rahim. Pengalaman pribadi saya, saat menginjak usia 5 bulan, saya agak tidak beraturan makannya seperti makan junkfood, minum susu hamil hanya 1 kali itu pun jarang-jarang dan akibatnya saat di usg, perkembangan janin saya telat 1 minggu dari usia kehamilan seharusnya. Nah, untuk mengejar ketertinggalan perkembangan itu, dokter menyarankan saya untuk banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Sejak saat itu, saya pun hampir tiap hari mengonsumsi telur, kacang almond, biscuit gandum, ikan, daging dan tidak lupa minum susu 2 gelas tiap hari. Alhamdulillah, 2 minggu kemudian, janin saya telah berkembang sebagaimana mestinya.

3. USD 4 Dimensi saat kehamilan menginjak usia 6 bulan

Nah, disini sebenarnya tergantung kebijakan dokter obgyn masing-masing ya bun. Tapi, berdasarkan pengalaman pribadi saya, dokter menyarankan untuk USD 4D di kehamilan 6 bulan, USD 4D ini sangat penting karena disini, saya bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari perkembangan fisik dan organ tubuh si kecil. Kalo USD 2D kurang detail bun. Dengan USD 4D juga, saya bisa melihat wajah si kecil untuk pertama kali walau hanya dari layar monitor dan tentu saja bisa mengetahui jenis kelamin si kecil. Sejak melihatnya, saya jadi tambah semangat menjalani kehamilan ini. Menurut pendapat saya, mungkin usia 6 bulan lah adalah usia yang matang untuk mengetahui jenis kelamin si kecil. Kebetulan saya menjalani USD 4D di Klinik Spesialis Moegni di daerah menteng dengan Dr. Bambang Karsono. Orangnya baik banget dan benar-benar detail dalam memberikan setiap penjelasan sehingga saya kehabisan pertanyaan hehe.

4. Menyiapkan anggaran untuk belanja perlengkapan bayi

Saat menulis artikel ini, saya sedang hamil 27 minggu yang artinya 1 minggu lagi akan menginjak usia kehamilan 7 bulan. Berdasarkan saran dari ibu dan baca-baca dari pengalaman ibu hamil lainnya, alangkah baiknya mulai membeli perlengkapan bayi saat kehamilan telah berusia 7 bulan ke atas. Jadi, karena saya adalah tipe orang yang penurut, maka yang bisa saya lakukan saat ini adalah menyiapkan estimasi biaya berapa yang kira-kira dibutuhkan dan peralatan apa saja yang urgent banget harus dibeli. Berikut perlengkapan bayi yang menurut saya urgent untuk dibeli setelah hamil 7 bulan:

  • Popok Kain 2 lusin dan Pampers 1 lusin
  • Kain Bedong 1 lusin atau 10 helai
  • Baju dan Celana Bayi (1/2 lusin)
  • Kaos Kaki dan Sarung Tangan (4 pasang)
  • Topi Bayi 2 pcs
  • Tempat Tidur Bayi
  • Baby Bather
  • Perlak  yang Waterproof dan Microfiber
  • Sabun dan Sampo Bayi
  • Handuk Mandi Bayi
  • Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih
  • Bedak Baby dan Baby Oil
  • Tissue Basah, Tissue Bisaa, Kain Kasa, Kapas Steril dan Alkohol 70%
  • Botol Susu Bayi dan Alat Pembersihnya
  • Celemek Bayi
  • Tas Perlengkapan Bayi
  • Gendongan Bayi
  • Bantal Menyusui

Sekian dulu sharing pengalaman saya selama kehamilan. Semoga informasi ini bisa membantu para bunda yang sedang hamil dan akan menjalani persalinan. Sampai jumpa lagi….

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: